Mari Memasak

Abis pulang kampung pas Idul Adha kemarin, alhasil dirumah banyak bgt onggokan daging dari tetangga yg pada kurban *Puji Tuhan*, jadi ga perlu beli ada rejeki dikasih tetangga, hehe..Saking banyaknya sampai pulang ke surabaya juga dibawain daging mentah buat diolah sendiri. Okelaaah..

Nah, karena bingung mau diolah jadi apa (keterbatasan peralatan dan bumbu karena anak kos), searchinglah resep bumbu rendang (intip resepnya di http://www.resepku.me/2014/02/resep-masakan/resep-rendang-daging-sapi-sederhana-khas-padang-pariaman/ ). Maksud hati sih kalo dimasak rendang kan tuh daging masih bisa diangetin buat besok2 jugaa *irit*, hahahaha.. Setelah nemu resep yang ga begitu rempong ini, dieksekusilah si daging sapi ini..

Rendang Sapi :

Bahan :
  •     1 kg daging sapi khas, potong sesuai selera
  •     1 liter santan kental
  •     1 liter santan encer
  •     2 batang serai, memarkan
  •     4 lembar daun jeruk purut
  •     2 lembar daun kunyit, ikat (karena ga nemu, aku ganti kunyit aja, berharap rasanya ga jauh beda, hehe)

Bumbu Halus : 
  •    1 ons cabai merah keriting
  •    20 siung bawang merah
  •    10 siung bawang putih
  •    5 buah kemiri
  •    2 cm jahe
  •    3 cm laos
  •    Garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Rebus santan encer bersama bumbu – bumbu yang telah dihaluskan bersama daun kunyit, batang serai, dan daun jeruk. sambil diaduk perlahan secara terus menerusagar tidak gosong hingga mendidih.
  2. Masukkan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya kemudian Aduk sesekali. Jika santan sudah mulai mengering tambahkan santan kental sedikit demi sedikit..
  3. Masak dengan terus menerus diaduk hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak. ada baiknya anda mengguunakan api kecil, hal ini bertujuan agar tidak cepat gosong.
  4. Setelah matang, Rendang telah Siap untuk dihidangkan didalam piring saji.


Dan woalaaaaaa...ini hasilnyaaa....sukakkk, pertama kali bikin rendang dan rasanya hauceeekk.. :)



Ng-angkring dulu yoook..

Angkringan "MAK JOSS" Bendul Merisi

Setelah penat dg kuliah, cieee anak kuliahan..hahah.. Malam itu kembali mengumpulkan niat utk cangkruk, biar ga sumpek dkosan terus,,hihi.. Akhirnya walaupun cuma berempat yg berangkat, kita tetep belain coba ni angkringan yg konon katanya wajib dicoba. Namanya Angkringan "MAK JOSS"..apanya yang joss?? Kita review langsung aja yaa..

Nah ini penampakkannya.. Lokasinya di jalan Bendul Merisi dekat RSAL tapi ambil belokan ke kiri ke arah pasar beras, dari situ ikutin jalan aja sampai ketemu tempat yg cukup ramai kendaraan di sisi kanan jalan, ada spanduknya kok.

Tempatnya cukup nyaman, ada beberapa spot lesehan di sisi kiri dan kanan, dan kami milih utk duduk di kursi mengingat ada teman pakde2 yang kesemutan kalo duduk lesehan,, hahaha,,,*piss pak Tedd..
Nah sambil nikmatin gending Jawa yang mengalun, kita pilih menu yukkk...
Lumayan banyak yaa pilihan menunya, sampai bingung mau yg mana,hehe.. Setelah ribut sma teman2 yang lain yg juga bingung milih yg mana, akhirnya dputuskan utk saling incip aja lah ya, ada yg pesen nasi kucing (bukan nasi untuk kucing ya..) dan ada yg pesen nasi goreng. Biar adil lah dicobain semua, hehe...

Setelah cukup menguras kesabaran *lama bangeeeeett* karena memang rame banget saat itu, akhirnya datang juga sesajen untuk orang2 yang kelaparan ini, hahaha...
                Tampilan wedang Uwuh, jeruk nipis panas dan duo nasi goreng pedas ala Mak Joss
 
aneka sate, baceman tahu tempe, teh poci

                         Nasi kucing & Nasi Goreng plus sate ati ampela (item2 disamping nasi)

Waktunyaaa makaaaan...nom,,nom,,nom....Gilaaaakk,, ni nasi goreng ada ranjaunya yaaa,,,beneran pedes dari lomnbok rawit yg dpotong kecil2 dan banyak, huuuhhhaaaaaahhh..*es mana es...Rasanya sih bagi saya pencinta nasgor, kurang nendang ya, karena pedesnya bukan dari ulegan lombok tapi dari potongan, jadi agak nge-ranjau gitu dan untuk bacemannya, bagi lidah Jawa Tengah seperti kulo menika nggih kurang nendang, hehe,,, tapi ini selera yaa, karena didaerah asal saya, yang namanya baceman identik manis merasuk ke dalam tahu/tempe/telor puyuhnya...

Soal minuman standard yaa, kaya yang lain juga, saya pesan jahe panas, ya gtulah rasanya jahe, agak standard dan kurang nendang juga menurut saya rasa jahenya. Tapi overall, kalo pengen suasana makan yang agak beda, bisa dicoba kok untuk ksana, suka sma dekorasi tempat dan gending jawanya...


 





Long Time No See yaaaa...

Heloooo,,,

Uda lama juga ya gak corat-coret disini. Setelah mengalami masa transisi, dari karyawan balik jadi mahasiswi (lagi). Akhirnya sekarang uda punya waktu agak luang (pengangguran) untuk sekedar berbagi disini. Yup, last semester karena uda ga ada kuliah, tinggal tesis aja, jd punya waktu yg sedikit longgar dibanding semester lalu, tsaaaahhh,,,, malah curhaattt,,,hihii...

Nah ini mau berbagi hasil keluyuran bersama teman2 kampus nih, karena hampir seangkatan doyan makan dan jalan2 bin cangkrukan, jadilah beberapa tempat kita kunjungi bersama. Uda agak lama juga sih ini kejadiannya, tapi baru bisa diposting sekarang karena sudah pengangguran tadi, hehehe..

Yupz, langsung aja kita review yaa..

Bebek Kebbut (Jl. Manyar Kertoarjo V / 28)

Jadi ceritanya malam itu, ada temen dari Makasar yang mau mudik pas lebaran kemarin, sebelum mudik pengen adain cangkruk bareng gt sebelum liburan panjang yg bakal memisahkan sekumpulan anak manusianya ini. Biar ga kangen2 banget gt katanya, hahahaha.... Karena penasaran dari beberapa review yg bilang ni tempat recommended banget, jadilah kita kesana.

Kebiasaan lama, suka lupa fotoin suasana tempatnya kaya apa, -__-
Tapi ini ada sebuah foto yang bisa mewakilin lah yaa.. (sorry agak mengganggu ya orang2 yg ada di foto) hehe..


jadi tempatnya itu ga besar2 bgt, cuma ya cukup nyaman lah untuk makan disana. Ada beberapa seperti foto itu dengan beberapa hiasan dinding yang nunjukin menu yg ditawarkan. Dengan alunan musik (opo seeehh) ala2 sunda gitu mulai deh milih menunya.
Nah itu dia penampakkan si menu... Seru yaa banyak pilihannya, dan yg lebih enak lagi kita bebas memilih dari ketiga sambel yang ditawarkan, yaitu sambel merah, sambel ijo atau mau sambel pencitt. Sluurrrpppp,,uda ngiler bayanginnya. Bebek yg masih hangat dr bakaran atau penggorengan dipadu sambel yg pedess ditambah nasi hangat yang aduhai kayaknyaa. *elap iler...

Ga lama deh nunggunya dan pesanan datang.
Dan wooowww, agak kaget liatnya, dapet piring segede gaban dengan isian macem2 dan duuh cantik bgt tampilannya. Jadi ceritanya kita pada nyobain bebek (ya iyalah namanya warung bebek ya musti coba bebeknya) goreng dan bakar. Semua sambel kita cobain, mulai dari yg merah, ijo sampe yang pencit juga. Dan uuuuhhh,,,rasanyaaa,,nampoool bangeeettt,,*aslikkk ga boong.
Yang bebek goreng itu ya bebeknya gede, ga pelit, garing crispy gitu dan sambel merahnya puedessss *bagiku ya... Terus ada rebusan bayam disisi piring ga cuma lalapan standard timun kemangi gitu, jadi makin komplitlah yaa...

Pokoknya selalu pengen aja makan kesini, lokasi yg cukup strategis dg rasa makanan yang Oke bikin kita pgn balik lg kesini..

Selamat mencoba.. :)





Bingung mau makan malam dimana??Hmmm...Pertanyaan yang selalu susah dijawab,,makan dimana?Pengen makan apa??*nasib anak kosan..jajaaaan,,,males masaak,,uda malem pulaa..enakan jajaan,,#yes..ga perlu ribet,,tinggal duduk manis nunggu pesanan datang..

Langsung aja kebayang santai cangkruk lama (read:sekalian nebeng tempat pacaran,,duduk2 lama sambil ngobrol..hahahaha). Tercetuslah nama "EATORLAND" (JL. Kalasan) yeaaaaaayy...

Kebayang makanan yang nyuss ditemani live music yang aduhaaiii,,,bikin suasana jadii,,eheeem,,hahaha,,,

Untung selesai misa di gereja Kristus Raja (Jl. Residen Sudirman) jam 18:00,,jadi masih agak lengang di jalan dan belum waktunya orang-orang berkeliaran,,yessss!!! Langsung cuzz yuk ke eatorland..

Begitu sampai parkiran, uda banyak juga ternyata motor-motor parkir, beberapa mobil disana..langsung aah,,cari tempat paling uenaaaak,,di sofa sebelah panggung,,yuhuuu,,biar bisa gelendotan di sofa setelah makan karena kekenyangan..haha..*alibi..

Begitu duduk, disambutlah lagu Payphone by Maroon5..asiiikk,,syukaaaaaaa...hahaha...
Sambil liat-liat menu yang ditawarkan nyanyi-nyanyi dikit boleh lah yaa...
Tak lama kemudian, Aku pilih menu Nasi Madura Empal (padahal ga tau juga nasi Madura itu kaya apa wujudnya,,hehe) dan si ayang pesen Nasi cumi hitam *yeeksss,,,pake tinta gitu???Noooooo....

Dan hidangan pembuka, kita pilih singkong crispy (ilat jowo tur ndeso-lidah jawa dan kampung, tapi gak kampungan,,*pembenaran..haha..)
Penutupnya kita pilih pancake duren,,,kebayang deh gimana tuh duren lumer dilidah kita,..nyuuummm,,

sambil nunggu pesanan datang ada juga loh tempat akustikan..dan ada mas-mas yang siap akustikan untuk sekedar menghibur pengunjung yang datang..

Aslinya nih mas-mas enak kok nyanyinya,,mungkin kamera aja nih ya gak mendukung,,huhuu,,,dan suasana dsini enak bangeett,,aku sukaaaa...Kalau mau request lagu juga bisa :)  jadi bisa ngobrol santai sambil menikmati makanan yang enyaak,,enyaaak.. :*..ga salah pilih deh!! Semua pesanan kita juga habis dilahap..sayang lupa untuk ambil foto,,saking girasnya karena kelaperan,,next time yaa fotonya..